Inilah Beberapa Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Pengajuan KTA

Inilah Beberapa Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Pengajuan KTA

KTA sebagai produk kredit tanpa jaminan memiliki kelebihan seperti praktis dan tidak membutuhkan jaminan, pihak bank berusaha menanamkan kepercayaan pada nasabah untuk mengelola dana pinjaman dan modal kerja atau lainnya. Lebih fleksibel untuk berbagai macam tujuan penggunaan kredit, nasabah diberikan kebebasan dalam menggunakan nama kredit. Proses pengajuan yang dikenal super cepat dan mudah, menyediakan fasilitas online untuk pengisian formulir pengajuan kredit. 

Berikut adalah beberapa cara supaya pengajuan diterima bank diantaranya : 

  • Penuhi semua persyaratan, pengajuan ini perlu dipahami dan dilengkapi dengan baik, hal penting lainnya untuk mengisi seluruh kolom aplikasi pengajuan dengan data diri yang benar, mencantumkan nomor telepon yang valid dan mudah dihubungi sehingga bank tidak kesulitan melakukan verifikasi dan proses pada aplikasi.
  • Cantumkan NPWP, hal ini penting terutama jika dana yang dibutuhkan cukup besar, bank memberikan nilai bagi para pemohon dengan demikian pengajuan akan semakin besar disetujui dan jika belum memiliki NPWP maka sebaiknya mendatangi kantor pajak terdekat dan melakukan pengajuan langsung disana.
  • Sertakan nomor kartu kredit, hal ini terjadi karena bank akan mudah melihat dan mempertimbangkan riwayat kredit dan aktifitas perbankan melalui kartu kredit yang dimiliki, bisa juga menjadi bumerang jika riwayat pemakaian buruk dalam kartu kredit dan jika memiliki sejumlah tunggakan atau utang maka disarankan melunasi terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan. 

Selain itu, pahami batas limit kredit yang diberikan oleh bank untuk mengetahui sejumlah ketentuan terkait batasan peminjam. Batasan ini diperlukan berdasarkan jumlah penghasilan yang diterima setiap bulannya. Biasanya limit kredit sebesar 5 kali gaji dan dari perhitungan ini dapat mempertimbangkan jumlah pengajuan kredit yang akan disampaikan ke bank, semakin kecil limit pinjaman yang diajukan maka semakin besar pengajuan akan diterima bank.

Penuhi standar penghasilan dan pastikan masuk dalam kategori layak atau memenuhi standar ketentuan penghasilan yang telah ditetapkan bank. Sesuaikan dengan kemampuan bayar karena jika tidak maka akan mengalami kegagalan pembayaran dan menunggak cicilan. 

Berikut adalah syarat KTA diantaranya : 

  • Syarat usia, minimal 18 tahun dan maksimal 55 tahun atau 60 tahun saat pinjaman berakhir.
  • Syarat minimal penghasilan, rata-rata memasang persyaratan pengajuan kredit tanpa agunan dengan minimal penghasilan 3 juta rupiah per bulan dan dibedakan antara calon debitur berstatus karyawan dengan wiraswasta atau profesional dan diterapkan berdasarkan daerah.
  • Syarat kelengkapan dokumen identitas, seperti KTP atau paspor dan beberapa penyedia pinjaman mensyaratkan kepemilikan NPWP bila pengajuan kredit melampaui batas plafon pinjaman tertentu.
  • Syarat dokumen penghasilan, tanda bukti penghasilan dibutuhkan oleh penyedia pinjaman untuk mengukur kondisi keuangan calon peminjam sebagai bahan analisis kredit untuk mengetahui kemampuan calon peminjam mengembalikan pinjaman kelak. 

Selain itu, syarat kepemilikan kartu kredit biasanya mengharuskan kepemilikan kartu kredit minimal setahun dengan limit tertentu. Data reputasi kartu kredit sebagai salah satu bahan analisis resiko kredit si calon peminjam. Jika reputasi kartu kredit bagus dan tidak pernah terlambat membayar maka bank akan lebih mudah menyetujui pengajuan kredit dan produk pinjaman tanpa agunan tidak mewajibkan kepemilikan kartu kredit. 

Ada juga syarat KTA berupa reputasi kredit dengan melihat Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia dibawah OJK, jika history bagus maka bank akan menyetujui. Jika rekam jejak kredit kurang bagus maka akan lebih sulit untuk disetujui. Syarat domisili calon peminjam dan terkait dengan upaya mitigasi resiko gagal bayar dan pertimbangan coverage layanan.