4 Superfood Indonesia Yang Murah Meriah Dan Mudah Ditemukan

f:id:kharisaayu:20170912134436j:plain

Tren gaya hidup sehat terutama untuk urusan makanan sudah mulai merambah ke Indonesia, jika dahulu yang sering kita lihat di media-media sosial adalah foto-foto makanan berupa dessert atau makanan manis dan makanan-makanan berlemak dan dari segi tampilan memang terlihat lebih menggugah selera dibandingkan sayuran, kini sudah banyak yang memahami pentingnya mengonsumsi superfood dalam rangka menjaga kesehatan tubuh yang efeknya bisa untuk jangka panjang. Namun tahukah Anda, di negeri ini kita bisa dengan mudah menemukan superfood Indonesia yang murah meriah dan tak kalah sehat dengan superfood dari mancanegara:

1. Daun Kelor

Pernah mendengar ungkapan “dunia tak selebar daun kelor?” yang mana daun kelor merupakan dedaunan yang bertangkai memanjang dengan deretan daunnya yang kecil dan berbentuk lonjong. Ternyata merupakan salah satu superfood yang direkomendasikan oleh WHO untuk mengatasi masalah gizi buruk. Di India sendiri, daun kelor dikenal sebagai bahan untuk ramuan obat lebih dari 300 jenis penyakit. Daun kelor kaya akan fitonutrien, antioksidan dan vitamin untuk membantu proses detox (pengeluaran racun dari dalam tubuh) dan mengurangi inflamasi (peradangan). Daun kelor juga dipercaya sebagai ramuan kecantikan alami.

2. Ubi Ungu

Dilansir dari sebuah situs lifestyle di Amerika, akhir-akhir ini, donat ubi ungu sedang di gandrung di Amerika Serikat khususnya New York. Umbi yang satu ini ternyata juga merupakan rahasia kecantikan dari aktris Olivia Munn yang membintangi film X-Men: Apocalypse. Ubi ungu memang dipercaya sebagai suplemen anti-penuaan yang bagus karena menstimulasi tubuh memproduksi collagen. Kandungan vitamin A ubi ungu sangat tinggi dan juga dipercaya dapat menyuburkan rahim. Beruntung, ubi ungu merupakan salah satu superfood di Indonesia yang mudah ditemukan dan harganya pun terjangkau.

 3. Ciplukan

Siapa sangka bahwa buah yang seringkali tumbuh di sekitar selokan dan di semak-semak belukar ini ternyata adalah salah satu superfood karena mengandung banyak sekali vitamin D untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang, vitamin C untuk kulit dan memiliki zat anti-inflamasi sekaligus zat anti-kanker. Di negara Peru, ciplukan terkenal dengan nama Pinch berry dan termasuk salah satu komoditi ekspor. Tak disangka, buah yang seringkali kita pandang sebelah mata ini mengandung manfaat yang luar biasa.

4. Kunyit

Superfood Indonesia yang masuk kategori rimpang atau akar-akaran dan seringkali dijadikan ramuan berbagai obat herbal dan bumbu aneka masakan ini mengandung berbagai senyawa bioactive yang mampu menangkal beragam jenis penyakit akibat radikal bebas dan mikroorganisme seperti kuman, bakteri hingga virus. Kunyit dikenal sebagai obat disentri dan diare, keputihan, kurang nafsu makan, memperbaiki saluran pencernaan, beragam jenis kanker, radang, hepatitis hingga AIDS. Ada beragam superfood lain yang tak kalah bermanfaat dan informasi diet menarik lainnya yang bisa Anda temukan di situs Lemonilo.