Panci Berkerak Hitam? Coba Hilangkan Dengan Cara Ini!

f:id:kharisaayu:20171009184651j:plain

Panci yang berkerak atau gosong karena proses memasak yang salah merupakan salah satu masalah dapur yang lumayan menyebalkan. Tapi kondisi panci yang seperti itu tidak boleh didiamkan begitu saja terlalu lama. Pasalnya, semakin lama mendiamkan panci yang berkerak atau gosong, maka semakin sulit nantinya untuk mencuci panci tersebut. Sehingga nantinya bisa berujung panci tak lagi dapat digunakan untuk memasak. Tentu kita sendiri yang akan rugi bukan ? Nah, oleh sebab itulah segera mungkin untuk mengatasi panci yang berkerak hitam. Cara menghilangkan kerak pada panci dapat memanfaatkan perlengkapan yang sangat mudah untuk dijumpai dan disiapkan di rumah.

Langkah pertama untuk mengatasi masalah panci berkerak hitam ini adalah terlebih dahulu rendam dengan air panas. Cara yang sangat sederhana ini dapat membantu untuk melunakkan kerak hitam pada panci sehingga nantinya dapat memudahkan kita dalam mencucinya. Jika yang berkerak adalah bagian dalam panci, tuang air mendidih ke dalam panci. Sedangkan kalau bagian luar panci yang berkerak, cara menghilangkan kerak pada panci adalah sediakan ember atau baskom yang cukup besar, lalu isi dengan air panas, baru masukkan panci yang bagian luarnya berkerak hitam. Untuk menyeimbangkan panci ketika direndam dalam air pans yang ada di baskom, tetap isi panci dengan air. Diamkan beberapa saat sampai kerak cukup lunak untuk dikelupas. Setelah itu, coba untuk kelupas dengan menggunakan spatula kayu. Jika semua kerak sudah terkelupas secara menyeluruh, cuci panci seperti biasanya. Andalkan Sunlight Jeruk Nipis 100 sebagai cairan pencuci piring untuk hasil cucian piring dan perabotan dapur lainnya yang lebih efektif.

Nah, apabila ternyata dengan merendam ke dalam air panas masih menyisakan kerak hitam pada panci, maka cobalah cara lain. Cara menghilangkan kerak pada panci yang lainnya lagi bisa dengan air cuka. Kandungan asam asetat di dalam cuka dapat secara efektif menghilangkan kerak hitam pada panci. Cara penggunaannya cukup tuangkan cuka pada bagian panci yang berkerak, biarkan beberapa saat, baru kemudian bersihkan seperti biasanya. Bisa juga dengan memanfaatkan minyak sayur. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak sayur pada bagian panci yang berkerak hitam. Biarkan sampai kerak melunak dan baru kelupas kerak hitam di panci menggunakan spatula kayu. Bersihkan seperti biasanya. Selain itu, masih ada cara lain untuk menghilangkan kerak hitam pada panci, yakni dengan pasta dari campuran baking soda dan air. Baking soda yang dicampur air tinggal diaduk sampai menjadi pasta dan kemudian dioleskan pada panci yang berkerak. Tunggu beberapa saat dahulu, baru bersihkan.