Tak Hanya Sebagai Obat Herbal Miom, Kulit Manggis Juga Kaya Manfaat Lain untuk Kesehatan

Miom atau yang dikenal sebagai uterine fibroid memang bukan jenis kanker, yaitu sebuah benjolan atau tumor jinak yang tumbuh di dalam rahim, meskipun demikian ia dalam bertambah besar dan juga memakan banyak tempat di dalam rahim wanita. Tentunya jika dibiarkan bisa memicu terjadinya kemandulan bulan, bahkan mungkin kondisi yang lebih serius. Itulah mengapa sangat penting sebenarnya untuk segera mengobatinya. Apalagi pada dasarnya ada banyak sekali diantara alternatif pengobatan yang ditawarkan, termasuk bagi Anda yang tidak menghendaki pengobatan secara medis maka bisa memilih obat herbal miom yang nyatanya banyak ditawarkan di pasaran.

 

Pengobatan secara herbal ini sebenarnya juga tak kalah efektif untuk mengatasi kondisi tersebut. Ada banyak sekali bahan-bahan yang sudah teruji dan efektif digunakan dalam menyembuhkan miom ini, salah satu diantaranya yang mungkin sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda adalah kulit buah manggis. Selain daging buahnya, nyatanya kulit dari manggis ini sendiri juga tidak kalah bermanfaat. Ia kaya akan kandungan senyawa, termasuk diantaranya adalah xanthone yang dapat mengatasi beragam jenis penyakit, termasuk diantaranya adalah miom ini.

 

Tak hanya untuk mengobati miom, nyatanya masih ada banyak lagi manfaat lain yang ditawarkan oleh kulit buah manggis ini untuk kesehatan, diantaranya adalah:

 

  1. Menurunkan kadar gula darah, sangat bagus bagi Anda yang menderita penyakit gula darah tinggi atau yang dikenal sebagai diabetes melitus, meskipun terlihat sepele, namun kenyataannya diabetes ini bisa memicu beragam jenis masalah kesehatan yang lebih serius, komplikasi-komplikasi layaknya penyakit jantung, gagal ginjal sampai dengan gragen. Dengan konsumsi kulit buah manggis ini, ia mengandung alpha amylase yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Jadi bagus untuk penderita diabetes melitus.
  2. Anti alergi dan juga anti inflamasi, di dalam kulit manggis sendiri juga terdapat zat yang sifatnya adalah anti inflamasi dan juga anti alergi dari prostagladin. Dimana keduanya dapat menghambat histamin yang ada di dalam tubuh, jadi efektif dalam meredakan terjadinya peradangan. Sehingga bagus bagi orang-orang yang memang mudah terkena alergi.
  3. Sebagai obat untuk jerawat, kulit manggis nyatanya cukup banyak diaplikasikan dalam produk-produk kecantikan, diantaranya adalah untuk mengatasi jerawat. Sebuah study di Thailand mengatakan bahwa kulit manggis ini dapat melenyapkan produksi reaktif oksigen yang mengandung zat-zat berbahaya, dimana hal ini memang dapat memicu timbulnya jerawat di kulit. Ia juga sangat efektif di dalam menangkal pengaruh dari radikal bebas.
  4. Cegah penyakit jantung, manfaat lainnya yang tidak kalah dicari oleh masyarakat sebenarnya adalah kulit manggis ini dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung. Karena ia mengandung sejumlah mineral yang dapat digunakan untuk mengontrol detak jantung dan juga tekanan darah agar tetap normal.
  5. Cegah penyakit kanker, kandungan antioksidannya yang begitu tinggi memang membuat kulit dari buah manggis ini kaya akan manfaat, apalagi dengan adanya senyawa xanthone ini yang dapat mencegah poliferasi dari sel-sel kanker, juga sangat membantu di dalam proses penyembuhan penyakit kanker maupun tumor.

 

Banyak bukan khasiat dari kulit buah manggis selain sebagai obat herbal miom. Tentunya pengobatan miom dengan kulit manggis ini bisa dijadikan sebagai alternatif pengobatan herbal, yang diimbangi dengan pengobatan medis juga, sehingga hasilnya lebih efektif. Imbangi juga dengan perubahan gaya hidup agar lebih sehat sehingga nantinya pengobatan lebih optimal.