Inilah Beberapa Manfaat Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Ketahui

Memiliki asuransi di zaman sekarang menjadi salah satu kebutuhan penting. Pasalnya kita tidak tahu dengan apa yang bisa terjadi di masa mendatang. Adanya asuransi akan memberikan proteksi sejak dini jika kejadian buruk menimpa di masa depan. Salah satu jenis asuransi yang banyak ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi kepada konsumen saat ini adalah asuransi jiwa. Tentu Anda juga sudah tidak asing lagi bukan dengan produk asuransi yang satu ini. asuransi jiwa menawarkan kepada nasabah suatu perlindungan pada resiko setelah kematian. Manfaat asuransi jiwa berupa uang pertanggungan akan diberikan kepada ahli waris ketika tertanggung yang berperan sebagai pencari nafkah dalam keluarga meninggal dunia. Sehingga ahli waris atau keluarga yang ditinggalkan bisa diringankan dari segi finansial karena tidak kehilangan sumber pendapatannya.

 

Karena hal inilah, asuransi jiwa sangat disarankan bagi mereka yang sudah berkeluarga, terutama bagi yang berperan sebagai pencari nafkah dalam keluarganya, baik itu ayah, ibu, atau anak. Namun sayangnya, tidak sedikit masyarakat yang belum juga tergerak untuk memiliki asuransi jiwa. Padahal, sama seperti asuransi kesehatan, jenis asuransi yang satu ini juga tidak kalah pentingnya jika dilihat dari manfaatnya. Lalu manfaat apa saja yang bisa didapatkan dengan memiliki produk asuransi jiwa? Berikut penjelasannya:

 

  1. Sebagai investasi masa depan.

Saat sudah membeli polis asuransi jiwa, Anda nantinya akan mendapatkan jaminan pengembalian investasi pada akhir kontrak. Anda bisa memilih masa pertanggungan asuransi jiwa sesuai dengan kebutuhan, mulai dari 5 tahun hingga 10 tahun. Agar lebih bisa merasakan manfaat dari asuransi jiwa yang diikuti, Anda bisa memilih jangka waktu 10 tahun pembayaran.

 

  1. Mampu memberikan rasa tenang dan nyaman.

Kita tidak akan tahu di masa mendatang aka nada masalah yang datang atau tidak. Maka dari itu, untuk mengantisipasi jika mengalami berbagai masalah, maka adanya asuransi akan sangat membantu. Misalnya saat tulang punggung keluarga mengalami musibah dan tidak dapat bekerja, maka adanya asuransi jiwa bisa berperan sebagai dana darurat untuk mengatasi permasalahan ini. Karena sudah memiliki asuransi jiwa inilah, nantinya dalam menjalani kegiatan sehari-hari pun akan lebih tenang dan nyaman.

 

  1. Meminimalkan terjadinya kerugian.

Saat menghadapi kondisi terdesak, akan sangat terasa sekali manfaat dari asuransi jiwa yang dimiliki. Seperti contohnya jika menghadapi resiko kematian, dimana selain merasakan kesedihan juga menimbulkan kerugian berupa finansial. Namun dengan memiliki asuransi jiwa, setidaknya akan membantu meringankan kerugian dari segi finansial karena keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan sejumlah uang pertanggungan dari pihak perusahaan asuransi.

 

  1. Dapat membantu pengaturan keuangan.

Dengan menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk membayar premi asuransi secara rutin setiap periode waktu tertentu, maka secara tidak langsung Anda dipaksa untuk melakukan pengaturan keuangan untuk menghadapi resiko buruk di masa depan. Sehingga adanya asuransi jiwa juga bermanfaat sebagai pengaturan keuangan.

 

  1. Sebagai tabungan masa depan.

Membayar premi asuransi dalam jangka waktu panjang juga sama saja dengan Anda menabung tanpa mengambil dananya. Sehingga saat Anda mengambil dana asuransi pada akhir masa kontrak juga akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Hasilnya ini tentu sangat berguna untuk mencukupi berbagai kebutuhan Anda di masa depan, seperti untuk modal usaha, dana pendidikan, dll.

 

  1. Mempermudah dalam menghadapi resiko yang tidak terduga.

Dalam menjalani hidup, pasti ada suatu resiko yang akan dihadapi di masa mendatang. Salah satu contoh resiko hidup yang tidak bisa dihindari adalah kematian. Mengingat kematian merupakan sesuatu yang bisa datang kapan saja, maka penting untuk melakukan berbagai persiapan dalam menghadapinya. Memiliki asuransi jiwa menjadi salah satu hal yang bisa digunakan untuk menghadapi hal tersebut. Karena dengan memiliki asuransi jiwa, keluarga yang ditinggalkan tidak akan kehilangan sumber penghasilannya karena sudah tercover oleh pihak asuransi dengan adanya uang pertanggungan yang diberikan oleh pihak perusahaan asuransi.

 

Nah, dari beberapa ulasan tersebut tentunya sangat jelas sekali jika manfaat asuransi jiwa sangat banyak sekali. Dengan memiliki asuransi jiwa, tentunya kita tidak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu mengalami kematian dan meninggalkan keluarga tercinta. Anda bisa memilih produk asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah berupa asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, asuransi jiwa dwiguna, ataukah asuransi jiwa unit link. Pastikan Anda menyesuaikan juga premi asuransi dengan anggaran keuangan Anda, agar di kemudian hari tidak mengalami kendala dalam pembayaran.